4 Tips Facebook ADS Paling Penting, Penjualan Online Bisa Naik Drastis
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Bisnis Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog
Tips Facebook ADSuntuk meningkatkan penjualan online via facebook lebih meningkat dan lebih dikenal.
Menjadi pebisnis, kamu pasti tahu istilah free traffic
salah satunya, menggunakan facebook ads. apakah kamu tahu apa itu facebook ads? bagaimana cara membuatnya?
kalau kamu belum tahu, silahkan baca Cara Membuat Facebook Ads.
kalau kamu sudah baca, kamu akan tahu bagaimana cara pembuatan fb ads dan apa saja persiapannya.
banyak pengusaha yang juga sukses memasarkan produk atau jasa mereka dengan memanfaatkan facebook ads. tapi tidak asal menggunakan facebook ads, ada beberapa tips yang dilakukan oleh mereka.
nah, kali ini kita akan mengulas apa saja tips yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan facebook ads untuk meningkatkan penjualan.
sebelum masuk pada tips apakah kamu yakin kalau facebook ads bisa powerfull untuk meningkatkan penjualan dan penghasilan?
mungkin kalau awa-awal mulai beriklan dengan Facebook Ads, pemula akan memiliki keraguan yang tinggi.
mengapa?
pada waktu awal-awal beriklan berbagai produk dengan menggunakan Facebook Ads, berjalan 1-2 minggu kemungkinan besar yang terjadi adalah..
..Tidak ada satupun produk yang terjual.
kebanyakan pemula disini akan mundur. lebih lagi facebook ads adalah pemasaran medsos yang tidak gratis.
Baca Juga:
Produk yang Bagus Dijual Online
Mindset Rahasia Orang Besar yang Sukses
7 Kesalahan Umum dari Strategi Pemasaran
3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Usia 20 thn
Kalau kamu saat ini belum pernah menggunakan Facebook Ads atau sudah pernah beriklan tapi belum juga menunjukkan hasil maksimal, mungkin kamu belum tahu kunci sukses yang penting kamu perhatikan.
Tips Facebook Ads
berikut ini ada 4 kunci penting kalau kita ingin beriklan dengan menggunakan Facebook Ads.
- Pahami Karakter Target Audience
- Bagaimana Membuat Iklan Menarik
- Manfaatkan Fitur FB Ads
- Cara Mengkonversi Yang Tepat
mari kita simak satu per satu
1. Memahami Karakter Target Audience
Ini adalah salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads yang bisa kamu manfaatkan. membidik target audience dengan sangat spesifik. namun fitur ini banyak pengguna fb ads yang tidak memperhatikan.
fb ads mengambil data berdasarkan 5 kategori yang utama. demography, geography, timing, behaviour, dan connection.
ini artinya:
Demography adalah usia dan jenis kelamin
Geography adalah lokasi termasuk juga jangkauan
Timing adalah hari dan jam ketika iklan aktif
Behaviour adalah penggunaan mobile, wifi based, digital marketer, dsb
Connection adalah membidik jaringan fans atau tidak membidiknya
beberapa hal di atas adalah untuk kita lebih memahami karakter target yang menjadi sasaran fb ads.
karakter target audience adalah
begini contohnya,
saya akan memasang iklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria, harga pembuatan berkisar Rp 8 – 25 juta satu set dan lokasi workshop di Jakarta dan Bandung.
Berdasarkan contoh bisnis diatas, maka sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook adalah sebagai berikut:
Usia 25 – 35 thn
Gender laki – laki
Lokasi Jakarta dan Bandung
Interestnya bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography dan wedding ring
Connection teman dari Fans Page
Behaviour pengguna mobile yang pakai ponsel berbasis IOS atau Android
Untuk dapat mengetahui lebih jelas karakter target audience ini, memang butuh melakukan riset terlebih dahulu dan berkali-kali.
kamu juga bisa browsing ke website-website kompetitor dan membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.
mengetahui karakter audience yang ingin kita bidik dari website kompetitor yang menjual produk yang identik dengan produk sama yang saya jual.
Pertanyaan yang sering muncul ketika sedang melakukan riset target audience adalah sebagai berikut:
Target audience biasanya tertarik pada hal apa saja ya?
Website apa saja yang sering dikunjungi ketika mereka tertarik dengan produk saya?
apa topik diskusi yang berhubungan erat dengan produk yang saya jual?
Barang apalagi yang dibutuhkan sebagai pelengkap produk saya?
dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, kamu akan mendapatkan gambaran lebih luas tentang target audience yang lebih spesifik.
sehingga ketika kamu memasang iklan di fb ads, kamu bisa membidik jangkauan yang cukup spesifik dan Hal ini penting untuk menghemat biaya beriklan.
selain itu kamu juga bisa menggunakan tools yang gratis.
Ada tool gratis yang handal yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan informasi tentang target audience dengan lebih tepat.
Salah satunya adalah Google Display Planner (GDP). Tool ini memungkinkan kamu mendapatkan gambaran yang lebih jelas kepada kita tentang karakter orang-orang yang mengunjungi sebuah website tertentu.
kamu bisa mengintip karakter apa yang dimiliki pengunjung suatu website kompetitor.
kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih spesifik mengenai produk yang akan kamu jugal walaupun hasil yang ditampilkan dari tools tersebut tidak bisa dijadikan pedoman sepenuhnya. tapi hal ini sangat membantu untuk membidik target audiens lebih spesifik.
berikut ini cara menggunakan tools dari google tersebut:
Buka akun Google Adwords di http://Adwords.Google.com
kalau belum memiliki akun adwords, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu seperti biasa. tenang saja, akun ini gratis.
pilih menu “Tools” dan klik “Display Planner”
Masukkan nama website kompetitor
Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia”
Lalu akan muncul tampilan seperti di gambar demografi di google display planner yang bisa kamu jadikan data tambahan.
kamu bisa mendapatkan banyak petunjuk tentang karakter orang-orang yang mengunjungi website kompetitor tersebut.
kamu bisa lihat data mendetail mulai dari kelompok usia, jenis kelamin dan perangkat yang mereka gunakan membuka web tersebut.
2. Membuat Iklan Yang Menarik
kalau kamu sudah tahu target audiens yang tepat, maka tips berikutnya adalah membuat format iklan yang menaarik.
secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu:
Teks dan Gambar
Kombinasi dua komponen ini yang akan dilihat oleh audiens kita ketika iklan tayang. dan ini sangat menentukan performa iklan itu sendiri.
Coba bayangkan,
alau kamu memasang iklan dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya. mungkin karena kamu tidak bisa mengedit foto.
apa yang terjadi?
hampir dipastikan respon dari target audiens akan sangat rendah.
Oleh karena itu buatlah iklan yang powerfull, yang unik dan menarik, maka kemungkinan besar iklan akan dilirik dan diklik oleh lebih banyak orang.
3. Manfaatkan Fitur Facebook Ads
Facebook Ads selalu mengalami perubahan dan terus diperbarui semua fiturnya. jangan sia-siakan manfaat fitur yang disediakan.
berikut ini adalah beberapa Fitur penting FB Ads yang bisa kamu nikmati:
Custom Audience
custom audience memungkinkan kamu memiliki data audiens lebih valid dan aman. kalau kamu punya database seperti email dari customer sebelumnya, maka dengan menggunakan fitur custom audience ini kamu dapat memasukkan list email tersebut ke dalam Facebook. dan Facebook akan mendeteksi akun dari database tersebut.
kamu juga bisa lebih mesra berhubungan dengan audiens.
Retargeting
adalah fitur untuk membidik ulang pengunjung yang telah mengunjungi website kamu, sehingga setelah mereka mengunjungi website di internet maka mereka akan melihat iklan kamu di facebook.
mungkin kamu pernah mengalaminya juga.
ketika kamu mengunjungi, atau sering mengunjungi salah satu web maka kamu sering melihat iklan dari web tersebut di facebook.
Conversion Tracking
dengan fitur conversion tracking ini kamu bisa tahu jumlah dari orang yang membeli produk kamu dengan cara memasukannya ke keranjang belanja di website.
kamu juga akan tahu jumlah orang yang mengisi formulir yang telah disediakan. ini untuk menguji seberapa efektif iklan yang telah dipasang.
Lookalike Audience
fitur ini mampu memungkinkan kamu untuk menarget audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama.
misalkan seperti ini,
kamu sudah memiliki data seperti list email customer dan banyak fans di page fb. maka kamu bisa langsung menciptakan kelompok target audiens baru secara otomatis lalu menggunakannya sebagai target audience di iklan baru selanjutnya.
Jadi, kalau kamu bisa memaksimalkan fitur-fitur diatas dan strategi optimasinya, kamu akan mendapatkan calon customer yang jauh lebih berkualitas dari Facebook dan tentu saja membantu mencapai omset penjualan yang lebih tinggi.
4. Cara Mengkonversi Yang Tepat
Tips Facebook Ads yang terkhir adalah bagaimana cara mengkonversi yang tepat.
Setelah iklan ditayangkan, biasanya kamu mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan tersebut. Pada tahap ini, kamu bsia memahami bagaimana cara agar target iklan atau audiens yang merespon iklan ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk yang kamu jual.
konversi ke penjualan
memang tidak langsung bisa, tapi hal ini sedikit demi sedikit akan membuat audiens yang ada di facebook akan menjadi customer atau pelanggan yang akan kembali dan kembali membeli.
Hal inilah yang dinamakan sebagai cara untuk “mengkonversi” calon customer menjadi customer loyal untuk seterusnya.
Pada awalnya, mungkin kita akan senang dengan banyak orang yang melihat iklan dan masuk ke WA atau messenger dan bertanya-tanya tentang harga, spek produk dan sebagainya. kira-kira berjalan 3-5 hari selalu begitu saja. tapi penjualan masih nol besar.
disinilah kamu harus bersabar dulu.
mungkin mereka tidak langsung membeli produk yang kamu tawarkan, tapi dengan demikian kamu bisa memperkenalkan kelebihan dan kualitas produk pada calon customer.
ya, balaslah semua pertanyaan dengan bahasa menarik yang tidak kaku. beritahu kalau kamu bukan robot. tapi harus tetap sopan. intinya menggunakan bahasa yang santai dan informatif.
dengan demikian, bisnismu akan mulai dikenal dan akrab di telinga mereka.
nah, itu tadi 4 tips Facebook Ads penting yang bisa Area Fokus bagikan. semoga dapat membantu dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya.
kata kunci lainnya:
facebook ads adalah
manfaat facebook ads
biaya facebook ads
tutorial facebook ads pdf
kisah sukses facebook ads
ebook facebook ads
contoh facebook ads
facebook ads login
Komentar
Posting Komentar